logo logo

Terdepan Dalam Mengabarkan, Berimbang Dalam Fakta dan Data

SETARA.TODAY

Soreang, Kabupaten Bandung

Call: 085794582812

Call: 085794582812

setara@citranusamedia.com
BERITA 04-09-2022 16:09:57

Imbas Kenaikan Harga BBM, Angkutan Umum di Bandung Kompak Naikkan Tarif 20 Persen Tanpa Persetujuan Organda

Kenaikan tarif ini dilakukan sepihak tanpa meminta persetujuan dari Organda, karena kenaikan BBM yang mendadak.

Image
Angkutan Umum di Terminal Cicaheum Kota Bandung. (foto: istimewa)
avatar
REDAKSI

SETARA.TODAY

Bandung - Angkutan umum di Kota Bandung, Jawa Barat, mulai menaikkan tarif 20-30 persen, imbas kenaikan harga BBM.

Berdasarkan pantauan, kenaikan tarif angkot hampir merata, antara Rp1.000 hingga Rp2.000 per trayek.

Misalnya jurusan Cicaheum Cileunyi dari Rp5.000 menjadi Rp6.000-7.000. Ciwastra-Ujungberung dari Rp5.000 menjadi Rp6.000.

Kinoy, sopir angkot jurusan Ciwastra-Ujungberung Kinoy mengaku, sejak harga pertalite naik, dia bersama sopir angkot di trayek tersebut langsung menaikkan tarif Rp1.000.

"Sehingga tarif di trayek tersebut dari Rp5.000 menjadi Rp6.000 per orang atau Naik 20 persen," katanya, Minggu (4/9/2022).

Dijelaskan dia, kenaikan tarif ini dilakukan sepihak tanpa meminta persetujuan dari Organda, karena kenaikan BBM yang mendadak.

"Kami terpaksa melakukan penyesuaian tarif tanpa menunggu instruksi Organda atau pemerintah. Karena BBM naik," ungkapnya.

Dilanjutkan dia, penyesuaian tarif ini tentu akan memberatkan para pengguna jasa angkutan umum, dan juga pendapatan para sopir.

"Warga pasti merasa membebani. Mereka dipastikan akan semakin enggan naik angkot. Pendapatan juga pasti berpengaruh," jelasnya

Sebelum BBM naik, penumpang angkutan umum sudah sepi. Apalagi setelah tarif naik, dipastikan penumpang akan bertambah sepi.

Dia berharap, ada langkah konkret dari pemerintah pusat dan daerah membantu transportasi massal, seperti memberikan subsidi.

Sementara itu, Ade warga Bandung mengaku kaget dengan kenaikan tarif angkot. Apalagi, dia biasa menggunakan jasa angkutan umum.

"Ya berat, apalagi dilakukan dadakan. Tapi mau bagaimana lagi, BBM juga naik, mereka harus menyesuaikan diri," pungkasnya.

Editor: Yovie

Dapatkan update informasi pilihan dan berita terbaru setiap hari dari Setara.citranusamedia.com, Mari bergabung di Grup Telegram "CNM MEDIA", caranya klik link ini: GABUNG SEKARANG, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Bagikan Informasi